Badan Terasa Sakit Setelah Berolahraga Apakah Itu Berbahaya ?



Pernahkah Anda mengalami bangun tidur dipagi hari badan terasa nyeri dan pegal di sekujur tubuh setelah melakukan olahraga di hari sebelumnya ? Bahkan mungkin untuk menggerakkan tangan saja terasa sayangat sakit.

Nah, badan sakit setelah olahraga memang bisa jadi salah satu efek dari program latihan yang Anda jalani. Namun, apakah ini hal yang wajar dan apakah semakin badan terasa sakit ? Yuk, ketahui jawabannya dalam penjelasan berikut ini..

Badan Sakit Setelah Berolahraga
Hal ini disebut dengan DOMS (Delayed Onset Muscle Sense), dan ini normal. Semua orang bisa merasakan kondisi ini, bahkan atlet profesional pun bisa saja merasakan hal ini. Ketika Anda melakukan gerakan yang baru atau gerakan yang jarang dilakukan oleh otot, maka sel-sel otot di bagian yang Anda gunakan tersebut akan mengalami kerusakan.

DOMS biasanya dimulai 6-8 jam setelah Anda melakukan aktivitas baru tersebut atau setelah mengubah aktivitas tertentu. Rasa nyeri ini bisa bertahan selama 24-48 jam ke depan. Inilah mengapa biasanya Anda baru akan merasakan badan sakit pada keesokan harinya atau berjam-jam setelah Anda berolahraga.

Rusaknya jaringan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri setelah latihan ini menjadi tanda bahwa otot mulai beradaptasi dari tekanan yang Anda berikan.

Contohnya, Anda baru pertama kali latihan push-up sebanyak 10 kali. Karena tidak terbiasa, Anda akhirnya merasakan lengan dan perut sakit pada saat bangun tidur keesokan harinya. Kemudian pada hari berikutnya ketika Anda ingin berlatih 10 kali push-up lagi, otot Anda sudah beradaptasi menghadapi gerakan tersebut sehingga otot tidak mengalami nyeri lagi.

Nyeri Otot dan Sakit Pada Sekujur Tubuh, Apakah Hal Ini Sehat ?
Tidak juga! Semakin banyak dan sering bagian tubuh yang Anda rasakan sakit memang bisa menjadi pertanda bahwa semakin banyak otot baru.

Namun, badan sakit setelah olahraga juga bisa menandakan hal yang lainnya. Bukan hanya karena adaptasi otot, tapi bisa juga karena latihan yang berlebihan. Latihan berlebihan bisa membuat badan Anda pegal-pegal luar biasa dan nyeri. Selain itu, jika gerakan latihan yang Anda lakukan salah hingga mengalami cedera otot di beberapa titik tubuh, Anda juga bisa mengalami nyeri di berbagai bagian tubuh.

Penting!
Cermatilah perbedaan antara nyeri otot yang memang disebabkan karena proses adaptasi suatu latihan, dan mana nyeri otot yang disebabkan oleh penggunaan otot yang berlebihan atau cedera.

Begini kira-kira tanda badan sakit setelah olahraga yang perlu diwaspadai.
  • Jika rasa sakitnya membuat Anda hingga tidak bisa melakukan segala aktivitas ringan sehari-hari atau aktivitas bekerja Anda. Ini bisa menandakan latihan Anda berlebihan. 
  • Jika rasa nyeri yang Anda rasakan tidak hilang setelah lebih dari 72 jam. Bisa jadi ini bukan nyeri otot biasa. 
  • Bagian tungkai ada yang bengkak. 
  • Berkurangnya rentang atau pergerakan sendi akibat adanya pembengkakan. 
  • Urine berwarna gelap atau lebih jarang buang air kecil.
Tips Agar Nyeri Setelah Berolahraga Tidak Terlalu Mengganggu
Mulailah latihan Anda dengan perlahan-lahan dan bertahap. Contohnya, jika Anda belum kuat melakukan push-up sebanyak 20 kali, jangan lakukan langsung sekaligus 20 kali.

Dilansir dalam laman NHS Choice, Anda tetap bisa berlatih meskipun badan masih sakit atau mengalami DOMS ini. Mungkin Anda merasa sedikit tidak nyaman, tapi nantinya rasa sakit itu akan hilang begitu otot Anda banyak bergerak lagi

Jika rasa sakitnya hingga membuat Anda sulit berolahraga, Anda bisa beristirahat sejenak hingga rasa sakitnya hilang. Sebagai alternatif, Anda bisa fokus pada latihan yang lain, yang melibatkan otot lainnya. Contohnya Anda merasa tidak mampu melakukan push-up karena tangan masih pegal-pegal. Anda bisa jogging atau melakukan gerakan lainnya yang tidak telralu berpusat melibatkan otot bahu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Awet Muda Sampai Tua Intip di Sini Rahasianya